Senin, 27 Mei 2024

Kwarcab Jepara Bawa Pulang 2 Piala dalam Lomba ETK Jawa Tengah Tahun 2023

Facebook
WhatsApp
Telegram
Twitter

Salam Pramuka,

Kwartir Cabang Jepara berhasil membawa pulang 2 piala dalam lomba ETK (Estafet Tunas Kelapa) se Jawa Tengah yang dilaksanakan selama tanggal 21 dan 22 Agustus 2023.

Penyerahan piala dan piagam kejuaraan dilakukan dalam upacara Hari Pramuka Ke 62 Tingkat Kwarda Jawa Tengah yang dipimpin Ketua Mabida Ganjar Pranowo di Bukit Tangkeban, Desa Nyalembeng Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang, Rabu (30/8/2023).

Dalam lomba ETK tahun ini ada 4 kategori yang dilombakan yaitu kategori penyelenggaraan, partisipasi, bakti masyarakat, publikasi. Kwartir Cabang Jepara meraih Juara 2 kategori Bakti Masyarakat dan kategori Publikasi. Untuk kategori publikasi Jepara juga meraih Juara 2 Jalan Cantik dan mendapat hadiah dari Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah.

Hesti Nugroho ketua Kwartir Cabang Jepara mengucapkan syukur dan terimakasih kepada Pj. Bupati Jepara selaku ketua Mabicab dan jajaran Mabicab, seluruh anggota Pramuka Jepara baik Gugus depan maupun Kwartir Ranting, Dinas Instansi/OPD/Organisasi masyarakat dan seluruh masyarakat Jepara yang telah mendukung terselenggaranya ETK.

“Selaku ketua Kwartir Cabang Jepara saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota Pramuka Jepara, Masyarakat Jepara, Dinas, Instansi dan Organisasi Kemasyarakatan yang telah mendukung pelaksanaan Estafet Tunas Kelapa Kwartir Daerah Jawa Tengah Tahun 2023 sehingga hari ini kita dapat meraih kembali penghargaan dari Kwarda Jawa Tengah. Apapun yang kita raih hari ini adalah pencapaian kita bersama. Tetap semangat meraih prestasi, Pramuka Jepara Melangkah Pasti.” Pungkasnya.

Yenny Diah Sulistiyani, S.STP, MH. Yang biasa disapa Kak Yeny selaku ketua panitia Estafet Tunas Kelapa Kwarcab Jepara juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan menyukseskan kegiatan ETK hingga dapat meraih prestasi.

“Ungkapan syukur dan terimakasih tak terhingga kami sampaikan kepada seluruh anggota pramuka jepara, Dinas, Organisasi masyarakat sehingga kegiatan ini dapat berjalan sukses dengan Raihan prestasi. Ini adalah kado terindah untuk kwarcab Jepara setelah sekian lama kita puasa juara dalam kegiatan ETK, semoga ini mampu menjadi motivasi bagi pramuka jepara untuk meraih prestasi yang lain.” tuturnya

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat memimpin upacara tersebut mengatakan, Pramuka adalah penerang generasi bangsa dimanapun berada, sebab pemikiran dan tindakannya merupakan tauladan bagi anak-anak muda masa kini.

Menurut Ganjar, Pramuka harus menjadi penggerak utama gerakan pemuda, baik yang ada di Kwarnas, Kwarda, Kwarcab, maupun Kwaran, karena untuk menuju Indonesia emas di tahun 2045, kata Ganjar kita memerlukan sumber daya manusia kelas atas.

Ganjar meyakini bahwa dengan segala kemampuan mental, fisik dan kecerdasan, pramuka dapat menjelma menjadi energi besar untuk mewujudkan kemajuan negara di masa yang akan datang.

Terlebih seluruh anggota pramuka dibekali berbagai pengetahuan dan keterampilan tambahan yang diberikan oleh para kakak pembinanya dalam berbagai kegiatan pengembangan.

“Maka manusia-manusia pramuka tidak akan kaget jika diberi mandat untuk mengelola lingkungan, mengelola sosial kemasyarakatan, pendidikan, kesehatan perekonomian, sampaikan kenegaraan,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengapresiasi 218 kontingen pramuka Kwarda Jateng yang berhasil mengikuti Jambore Pramuka Dunia ke-25 di Korea Selatan meski diterpa panas ekstrem. Selain itu, Ganjar juga memberikan Penganugerahan Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka Lencana Melati, Lencana Darma Bakti, Lencana Pancawarsa, Lencana Darma Bakti dan juga Lencana Teladan anggota Pramuka Siaga, Penggalang dan Penegak. (asy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *