Sabtu, 10 Juni 2023

Kwarcab Jepara Jadi Start Point Ke-5 dari 14 Titik Estafet Tunas Kelapa Tahun 2023

Facebook
WhatsApp
Telegram
Twitter

Salam Pramuka,

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Jepara dipercaya oleh Kwartir Daerah Jawa Tengah sebagai Start Point ke.-5 dari 14 titik keberangkatan Kegiatan Estafet Tunas Kelapa Tahun 2023, kegiatan ETK yang sempat terhenti karena pandemi Covid 19 ini kini kembali digelar, selaras dengan akhir masa bakti Kak Atikoh sebagai Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Tengah.

Sekretaris Bidang Humas dan Protokol Kwarcab Jepara Kak Asyhadi yang mewakili Kak Yeny selaku Waka Kwarcab Bidang Humas dan protokol menyampaikan bahwa Kwarcab Jepara menyambut baik kegiatan ini, Karena Jepara menjadi Start Point berarti tidak menerima ETK dari Kwarcab lain, dari hasil koordinasi para andalan Humas dan Protokol se Binwil Pati, antara Jepara dan Kudus telah sepakat melakukan serah terima di perbatan kabupaten yang terletak di Desa Daren Kecamatan Nalumsari yang bersebelahan dengan Desa Gebok Kabupaten Kudus.

Estafet Tunas Kelapa adalah bentuk tindak lanjut dari gerak jalan nonstop tunas kelapa yang tercipta dari sebuah perwujudan nilai kepahlawanan Jenderal Soedirman pada saat gerilya mengusir penjajahan dari Negara Indonesia. Dengan adanya estafet tunas kelapa ini diharapkan dapat mengenang rute atau alur perjalanan gerilya para pejuang kita pada zaman dahulu untuk merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah. Rute gerilya pada waktu itu adalah mencakup wilayah Salatiga, Kendal, Semarang, Demak, Jepara, Kudus, Pati, Rembang dan Grobogan. Estafet tunas kelapa yang berwujud gerak jalan ini memiliki tujuan memupuk rasa cinta tanah air serta melatih mental dan fisik bagi para pesertanya. Estafet tunas kelapa ini dilakukan dengan membawa tunas kelapa atau bibit tanaman kelapa yang memberikan 5 sosialisasi kepada masyarakat untuk dapat menanam pohon kelapa. Mengingat pula bahwa hampir semua bagian pohon kelapa memiliki banyak manfaat, mulai dari akar hingga ujung daunnya.

Baca Juga :  Pelantikan dan Pengukuhan Mabiran dan Pengurus Kwarran Batealit Masa Bhakti 2020 -2023

Kak Asyhadi menambahkan, setidaknya dibutuhkan 61 orang anggota Pramuka sebagai Pasukan inti yang terdiiri dan 62 anggota Pramuka sebagai pasukan pendukung disetiap etape yang minimal berjarak 5 kilometer, dengan minimal penilaian dari Kwartir Daerah Jawa Tengah minimal 2 etape.

Namun demikian meskipun ETK ini diselenggakan tingkat Jawa Tengah, terasa sayang bila tidak dimeriahkan oleh anggota Pramuka se Kabupaten Jepara, Sekretaris II Kwartir Cabang Jepara Dedi Irawan, SPd menyampaikan bahwa kegiatan yang menjadi kearifan lokal Pramuka Jawa Tengah ini juga akan disambung dengan ETK tingkat Kabupaten dengan Strat Point di Kecamatan Keling, sekaligus akan dimeriahkan dengan Perkemahan Hari Pramuka oleh anggota Pramuka dari Pangkalan SD/ MI se Kabupaten Jepara yang dilewati Route ETK.

Momentum ETK ini diselenggarakan guna memeriahkan Peringatan Hari Pramuka Tahun 2023, untuk Peringatan Hari Pramuka Tingkat Jawa Tengah dipusatkan di Kabupaten Pemalang.

Bagi kakak-kakak yang menginginkan Panduan ETK, silahkan diklik di SINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *