Minggu, 26 Maret 2023

Kwarnas Gerakan Pramuka Selenggarakan Rakernas Tahun 2023

Facebook
WhatsApp
Telegram
Twitter

Salam Pramuka,

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2023. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Ketua Kwarnas Kak Budi Waseso di Gedung Pandansari, Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (10/02/2023).

Rakernas Gerakan Pramuka tahun 2023 diselenggarakan selama tiga hari, mulai 9 Februari sampai dengan 11 Februari 2023 dengan berbagai agenda yang telah disiapkan, di antaranya evaluasi program 2022, paparan kegiatan untuk tahun 2023, dan rencana untuk beberapa kegiatan khusus yang akan dilaksanakan maupun diikuti.

Dalam sambutannya, Kak Budi Waseso mengingatkan bahwa tujuan Gerakan Pramuka adalah untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.

“Dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup,” ujarnya.

Rakernas 2023 mengusung tema “Melalui Rakernas Kita Wujudkan Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional,” Ketua Kwarnas berharap bahwa Gerakan Pramuka terus berusaha memperkuat sumber daya manusia yang ada agar semakin profesional dan proporsional dalam mewujudkan tujuan tersebut.

Sumber daya manusia yang profesional dan proporsional menurut Kak Budi Waseso dapat menunjang berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka secara menyeluruh. Pihaknya mewakili Kwarnas terus mendorong upaya peningkatkan kuantitas dan kualitas Pembina Pramuka.

Ketua Kwarnas menegasakan bahwa hal tersebut dilakukan agar mampu memberikan pendidikan yang lebih terarah serta sejalan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang dengan begitu pesatnya.

Terkait dengan mewujudkan sdm yang profesional dan proporsional, Kak Budi Waseso menyebutkan bahwa sumber daya manusia perlu didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai, agar kegiatan pendidikan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar dan tidak terkendala oleh terbatasnya sarana dan prasarana penunjang. Kwarnas akan senantiasa berusaha untuk meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pendidikan kepramukaan.

Baca Juga :  Logo LT V Tahun 2023

Dalam kesempatan tersebut Kak Budi Waseso menginformasikan ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2023 di antaranya Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Lima (LT-V), Karang Pamitran Nasional, Raimuna Nasional, Kemah Bela Negara Nasional, dan Musyawarah Nasional.

Kemudian ada ikut serta Jambore Dunia ke-25 di Korea Selatan yang rencananya akan diberangkatkan pada tanggal 7 Agustus 2023 dengan total jumah kontingen 1510 orang anggota Gerakan Pramuka.

Rakernas 2023 diikuti oleh 316 peserta, terdiri atas pengurus Kwarnas (pimpinan dan andalan), perwakilan Pimpinan Saka tingkat Nasional, Pimpinan Sako tingkat Nasional, Lembaga Pemeriksan Keuangan, dan utusan dari Kwartir Daerah. Pembukaan dihadiri oleh perwakilan dari Menteri Pemuda dan Olahraga, Menteri Dalam Negeri, dan undangan lainnya. 

Sumber: PramukaNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *