Senin, 06 Februari 2023

Pramuka SDN 2 Kuanyar Peduli Banjir Dorang Jepara

Salam Pramuka,

Gerakan Pramuka SDN 2 Kuanyar Kwarran Mayong mengadakan kegiatan bakti sosial peduli korban banjir Desa Dorang Kecamatan Nalumsari Jum’at, 6 Januari 2023. Kegiatan ini digagas oleh Siti Mahmudah guru sekaligus Pembina Pramuka SD Negeri 2 Kuanyar yang bertempat tinggal di Desa Dorang tepatnya wilayah utara sungai. Meskipun dia bukan merupakan korban atau warga yang terdampak bencana banjir namun hatinya terpanggil untuk membantu warga Desa Dorang yang terdampak banjir khususnya di wilayah selatan sungai. Kegiatan ini didukung oleh Kepala Sekolah (Ka, Mabigus Gerakan Pramuka), guru (Pembina Pramuka), murid, dan wali murid SDN 2 Kuanyar.

Kegiatan Pramuka SD Negeri 2 Kuanyar peduli korban banjir Desa Dorang berupa bantuan nasi bungkus untuk warga yang terdampak banjir. Semula setiap anak dihimbau untuk membawa satu nasi bungkus. Akan tetapi karena murid dan wali murid begitu antusias untuk membantu korban banjir maka dari 147 murid terkumpullah 389 bungkus nasi dengan berbagai jenis menu lauk. Bahkan ada beberapa murid yang menyumbang 5 sampai 10 nasi bungkus. Ini menunjukkan bahwa kepedulian murid dan wali murid SDN 2 Kuanyar begitu tinggi untuk membantu sesama. Mereka mengaku sangat senang dapat membantu para korban banjir di Desa Dorang.

Kegiatan sosial ini merupakan wujud komitmen Gerakan Pramuka SDN 2 Kuanyar sebagai wadah pembentukan karakter para generasi muda untuk peduli kepada sesama, sebagai aksi nyata pengabdian Gerakan Pramuka kepada masyarakat, serta sesuai dengan himbuan Pramuli Kwarcab Jepara.   

Bantuan diserahkan oleh Ka. Mabigus Gerakan Pramuka SDN 2 Kuanyar Muh. Rois Edi Suryono, perwakilan murid, dan guru pembina pramuka kepada petugas BPBD di Balai Desa Dorang sebagai posko penanggulangan bencana banjir Desa Dorang. Selanjutnya bantuan didistribusikan merata kepada para korban banjir oleh petugas gabungan dari unsur Perangkat Desa, TNI, POLRI, BPBD, UBALOKA, dan berbagai Ormas. Selain mendistribusikan bantuan nasi bungkus dari SDN 2 Kuanyar petugas juga mebagikan nasi bungkus juga dari dapur umum BPBD.  

Selain mengantarkan bantuan, anak-anak Pramuka SDN 2 Kuanyar juga menyempatkan untuk melihat secara langsung kondisi banjir di Desa Dorang tersebut. Anak-anak didampingi oleh Siti Fatimah guru dan Pembina pramuka serta aktivis Pramuli Kwarran Mayong dan juga bersama guru-guru dan Pembina pramuka lainnya.

Baca Juga :  SURVIVAL XXVII KWARCAB JEPARA TAHUN 2015

Salah satu warga yang bisa dihubungi menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga atas bantuan dari Gerakan Pramuka SDN 2 Kuanyar karena sangat membantu dan betul-betul dibutuhkan oleh warga korban banjir Desa Dorang.

Muh. Rois Edi Suryono, S.Pd. (Ka. Mabigus SDN 2 Kuanyar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *