Kak Jokowi Saksikan Peserta Jamnas Pramuka Bermain e-Sport di Cibubur

Presiden Republik Indonesia Kak Joko Widodo berkunjung ke Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, Jakarta Timur bertemu dengan peserta Jambore Nasional pada Jumat pagi, 19 Agustus 2022. Ada 8.042 pramuka penggalang (usia 11-15 tahun) yang berkemah sejak 14 Agustus lalu, hingga 21 Agustus 2022.

Para peserta berasal dari seluruh kota dan kabupaten di Tanah Air. Mereka didampingi 1013 pembina pendamping dan 242 pimpinan kontingen daerah. Ikut menjadi peserta adalah Pramuka Berkebutuhan Khusus dari 4 kekhususan yaitu tuna netra, tuna daksa, tuna rungu dan tuna grahita. Jumlah mereka ada 66 orang pramuka.

Peserta Jamnas lainnya berasal dari Gugus Depan yang berpangkalan di KBRI/ KJRI yaitu dari Kuala Lumpur 15 orang, Davao (Filipina) 12 orang dan dari NSO yaitu dari Persekutuan Pengakap Malaysia 21 orang dan dari UK Muslim Scout Fellowship (4 orang putri). Selain itu hadir perwakilan dari WOSM, APR dan World Scout Foundation, National Scot Organization of Thailand, perwakilan Korea Scout Association, WAGGGS, dan Pandu Putri Malaysia

Kak Jokowi tiba di Buperta Cibubur pada pukul 08.00 WIB. Beliau langsung menyaksikan atraksi kesenian yang disajikan adik-adik Pramuka Berkebutuhan Khusus. Setelah itu melihat kegiatan Keterampilan Kepramukaan dan kegiatan Kampung Digital & Komputasi Awan. Dimana salah satu diantaranya adalah pengenalan e-sport bagi para peserta.

Sejak 14 Agustus 2022, para peserta mengikuti ratusan jenis kegiatan di Buperta Cibubur dan beberapa tempat di Jakarta untuk wisata edukasi. “Ada banyak kegiatan untuk meningkatkan keterampilan fisik maupun kegiatan yang menambah wawasan dan pemahaman mental dan rohani,” ujar Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Budi Waseso dalam keterangannya pada 19 Agustus 2022.

Baca Juga :  Pedoman Perubahan Perilaku Pramuka

Tujuan dari kegiatan Kampung Digital & Komputasi Awan ini adalah agar peserta Jamnas mampu membuat microblog atau microsite, meningkatkan kemampuan literasi digital, serta menyalurkan minat dan pengenalan e-sport hingga pengelolaan aplikasi super. Di dalamnya ada Wahana Web Komputing, Wahana Petualangan E-Sport, Wahana Pengenalan Media Sosial dan Digital, dan Wahana Pengenalan Aplikasi Kepramukaan, serta Wahana Literasi Digital.

Selain itu ada juga kegiatan di Kampung Global Pembangunan Berkelanjutan. Di sini, adik-adik diajak berdiskusi untuk memecahkan masalah lingkungan berupa krisis iklim, polusi sampah, deforestasi, ketahanan pangan dan keuangan berkelanjutan. Fasilitator untuk kegiatan ini dari BNPB, BP POM, BKKBN, OJK, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan; Dinas Lingkungan Hidup Jakarta, Yayasan WWF Indonesia, Save the Children dan lainnya.

Jamnas ke-11 tahun 2022 ini bertema “Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi.” Kegiatan Jamnas dipersiapkan, direncanakan dan dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 yang ketat. Kegiatan Jamnas bersifat edukatif, rekreatif, kreatif, produktif, inovatif, kompetitif, dan menantang dengan menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan dalam bentuk permainan, diskusi, demonstrasi, simulasi dan kompetisi.

Ada ratusan kegiatan Jamnas di Buperta Cibubur (sekitar 80 %) dan di luar perkemahan induk Cibubur (20%). Antara lain keterampilan kepramukaan, Kampung Pengembangan Berkelanjutan (peran pramuka dalam pencapaian Sustainable Development Goals), Kampung Digital & Komputasi Awan, petualangan air, Forum Penggalang, permainan persaudaraan, dan wisata edukasi di kota Jakarta.

Di samping berbagai kegiatan tersebut, dilaksanakan pula kegiatan bakti masyarakat seperti perbaikan jamban rumah penduduk, operasi katarak, serta pembagian bahan pokok bagi keluarga kurang mampu yang berada di sekitar Buperta Cibubur.

Sumber: WartaKwarnas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.