Kwartir Cabang Jepara Selenggarakan Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-61 Tahun 2022

Salam Pramuka,

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Jepara selenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Pramuka Ke-61 Tahun 2022 di Lapangan Desa Mayong pada Minggu 14 Agustus 2022.

Upacara Hari Pramuka ke-61 diawali tarian nusantara yang ditampilkan 120 anak Golongan Siaga se-Kecamatan Mayong.

Di depan seluruh peserta upacara, Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta selaku Ketua Mabicab Jepara mengucapkan Selamat hari Pramuka ke-61 bagi seluruh anggota Pramuka di Jepara.

Ia berharap dengan tambahnya usia, Gerakan pramuka lebih matang dalam berperan dan memberi aumbangsih bagi pembangunan bangsa. “Semoga dengan bertambahnya bilangan usia, Gerakan Pramuka Kabupaten Jepara semakin matang dalam memantapkan peran dan sumbangsih bagi pembangunan bangsa dan negara”.

“Khususnya dalam membangun tunas-tunas muda Jepara yang memiliki mental dan kepribadian yang kokoh serta berjiwa patriotik demi menjaga tegaknya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” lanjutnya.

“Melalui esensi tema peringatan Hari Pramuka ke-61 “Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”, Kak Edy Supriyanta mengajak seluruh anggota Pramuka untuk bersama-sama membangun mental dan jiwa yang tangguh untuk bangkit dari berbagai keterpurukan akibat pandemi”.

“Untuk membangun jiwa tangguh, dibutuhkan karakter yang tahan banting, tidak gentar, disiplin, serta siap menghadapi berbagai tantangan di segala situasi dan kondisi. Dan Melalui Gerakan Pramuka-lah jiwa dan karakter tersebut dapat terbentuk sejak dini dalam bentuk pengabdian tiada henti dalam membangun negeri,” tegasnya.

Di akhir sambutannya, Kepala Dinas kearsipan Dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah tersebut berpesan agar seluruh anggota Pramuka Jepara turut berkarya dan bahu-membahu dalam membangun Jepara dan membangun Indonesia.

“Perteguh sikap dan sifat melu handarbeni terhadap bangsa dan negara,” pintanya. “Merasa ikut memiliki, merasa ikut terpanggil, bertanggung jawab, serta rela berkorban membantu sesama tanpa melihat perbedaan suku, agama, maupun golongan yang merupakan pengejawantahan Tri Satya dan Darma Pramuka,” pungkasnya.

Baca Juga :  Peringati Hari Baden Powell ke-165, Kwarcab Jepara Adakan Donor Darah

Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-61 tahun diakhri dengan pemberian tanda penghargaan Pramuka berupa Lencana Darma Bakti, Lencana Karya bakti, Lencana Pramuka Teladan dan Pancawarsa I – VI atas pengabdian dan darma bakti 41 anggota Pramuka Muda dan Anggota Dewasa di Kabupaten Jepara.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kwarcab Jepara Hesti Nugroho serahkan 30 paket bantuan sosial dan satunan kepada 30 anak yatama di Kecamatan Mayong sebagai bentuk kepedulian sosial Gerakan Pramuka kepada sesama.

Reporter: Poten
Pusinfo Kwarcab Jepara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.