Waka Abdimas Kwarcab Jepara Buka Perkemahan Ajang Kreativitas Saka Kencana Jepara ( AKSARA I.0)

Salam Pramuka,

Wakil Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat (Waka Abdimas) Kwarcab Jepara Kak H. Sudarwanto, M.Pd. mewakili Ketua Kwartir Cabang Jepara membuka kegiatan Perkemahan Ajang Kreativitas Saka Kencana tingkat Kwartir Cabang Jepara , Sabtu (11/6) pagi, di Panggung Lapangan Desa Kancilan Kecamatan Kembang.

Kegiatan yang mengangkat tema ” Wujudkan Bangga Kencana Melalui Semangat Kepramukaan dan Penyatuan dengan Alam Tingkatkan” tersebut, dihadiri oleh Kepala DP3AP2KB Kabupaen jepara,  Ketua Kwatir Cabang Jepara, Camat Kembang, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutan tertulisnya, Ka Kwarcab menyampaikan apresiasi kepada gerakan pramuka Saka Kencana sebagai organisasi pendidikan non formal, yang tetap eksis sebagai rumah besar bagi kaum muda, untuk bersinergi demi perubahan yang lebih baik dan berkualitas.

Dikatakan, secara operasional, Saka Kencana memang memfokuskan pengabdiannya pada pembentukan karakter bangsa melalui pembinaan remaja, hal ini sejalan dengan cita-cita BKKBN, agar remaja pada masa yang akan datang mampu menjadi generasi berencana dalam mewujudkan karakter harapan bangsa.

Oleh karena itu, perlu penguatan dalam penyelenggaraannya dengan lebih mengintensifkan Promosi, Advokasi dan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi), sehingga mampu berperan dalam menggerakkan masyarakat untuk Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana. Diakhir sambutannya, Ka Kwarcab Jepara berharap kegiatan ini dapat melahirkan semangat baru, yang mendukung program BKKBN dengan memfungsikan kembali krida yang telah terbentuk.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan Perkemahan Ajang Kreativitas Saka Kencana tingkat Kwartir Cabang Jepara (AKSARA I.0) merupakan kegiatan perkemahan yang diselenggarakan oleh Saka Kencana tingkat Cabang Jepara dan Dinas P3AP2KB Kab. Jepara. Dengan melibatkan peserta pramuka tingkat penegak dari setiap kwartir ranting se-Kabupaten Jepara.

Kegiatan ini bertujuan sebagai wadah pertemuan dan ajang kompetisi guna menciptakan karakter dan jaringan komunitas untuk meningkatkan advokasi dan mempromosikan bangga kencana kepada mitra terkait.

Perkemahan AKSARA I.0 dilaksanakan dari tanggal 11 s.d 12 Juni 2022 dan dikemas dalam bentuk perkemahan dan perlombaan keluarga berencana dan kepramukaan. Adapun kegiatan yang dilaksanakan pada kegiatan tersebut diantaranya Sosialisasi materi GenRe oleh Duta GenRe Jepara tahun 2022, Sosialisasi gerakan pramuka, Lomba Pentas Seni, Lomba K5. Selain itu ada juga lomba survival tiap krida yang melipitu Krida kependudukan : Lomba Presentasi, Krida GenRe : Focus Group Discussion (FGD), Krida ketahan keluarga : Scouting skill, Krida kesehataan reproduksi : Creativity Skill, Krida KIE : Vidio vlog durasi maksimal 2 menit.

Humas Kwarcab Jepara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.