Pj. Bupati Jepara Lepas Kontingen pada Perkemahan Wirakarya Daerah X Tahun 2022

Salam Pramuka,

Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta melepas kontingen Kwarcab Jepara pada kegiatan Perkemahan Wirakarya Daerah X dan Kemah Bakti Gugus Depan Perguruan Tinggi Kwarda Jateng Tahun 2022. Rombongan dilepas Senin (13/6/2022), di Halaman Kantor Setda Jepara.

Kontingen Kwarcab Jepara yang akan berangkat pada kegiatan perkemahan Wirakarya Daerah X dan Kemah Bakti Gugus Depan Perguruan Tinggi Kwarda Jateng Tahun 2022 di Kabupaten Rembang.

Selama lima hari, terhitung 15 – 19 Juni 2022, kontingan yang terdiri dari Pramuka Penegak dan Pandega ini akan mengikuti rangkaian kegiatan perkemahan di Desa Dadapan, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang. Mereka terdiri dari 6 pramuka putra dan 6 orang pramuka putri. Serta pimpinan kontingan dan pembina pendamping, masing-masing 2 orang.

“Tentunya ini akan menjadi pengalaman tersendiri bagi mereka. Karena adik-adik akan diberikan kesempatan untuk berkontribusi nyata terhadap pembangunan masyarakat,” kata Edy Supriyanta.

Dalam kegiatan tersebut mereka akan bertemu dengan anggota Pramuka Penegak dan Pandega se-Jawa Tengah, untuk saling bertukar pengalaman, serta mempererat tali persaudaraan. Mereka diharapkan untuk mengaplikasikan bakti kepada masyarakat sebagai perwujudan konsep Tri Bina Pramuka yaitu bina diri, bina satuan, dan bina masyarakat.

“Saya berharap bawa kembali pengalaman yang didapat ke Jepara,” kata Edy. Bupati berpesan mengenai nasionalisme. Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah hidup bangsa tidak boleh dilupakan. Selama ini, Pancasila hanya dipandang sebagai simbol. Jika hal tersebut terus dibiarkan terlalu lama, dikawatirkan menjadi ladang subur bagi tumbuhnya idiologi-idiologi serta cara pandang lain yang dapat mengancam keutuhan bangsa serta kebhinekaan tunggal ika.

Selan itu tantangan yang dihadapi semakin kompleks. Seperti kondisi ekonomi, sosial budaya naupun lingkungan yang terus mengalami perubahan dikawatirkan akan mengikis semangat nasionalisme generasi muda.

“Saya berharap Pramuka bisa menjadi media untuk menumbuhkan semangat nasionalisme, introspeksi diri serta membangun semangat baru. Semangat generasi muda bangsa Indonesia menuju kemandirian dan kemajuan bangsa di berbagai bidang kehidupan,” ujarnya. (DiskominfoJepara/Dian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.