Sambutan Ketua Kwarnas pada Pembukaan Rakernas 2022

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semua,
Shalom,
Om Swastiastu,
Namo Buddhaya,
Salam kebajikan, dan
Salam Pramuka,

Yang saya hormati,

  1. Kakak Menteri Pemuda dan Olahraga RI selaku Sekretaris Mabinas Gerakan Pramuka yang dalam hal ini diwakili oleh kak Drs H. Amar Ahmad, M.Si sebagai sekretaris deputi bidang Pengembangan Pemuda.
  2. Kakak-kakak Pimpinan Kwartir Nasional dan Andalan Nasional Gerakan Pramuka,
  3. Kakak-kakak Ketua Kwartir Daerah, Gerakan Pramuka seluruh Indonesia beserta Utusan-utusan Rakernas dari Kwarda seluruh Indonesia
  4. Kakak-kakak Pimpinan Satuan Karya Pramuka Tingkat Nasional Gerakan Pramuka,
  5. Kakak-kakak Pimpinan Satuan Komunitas Pramuka dan Pimpinan Gugusdarma Pramuka Tingkat Nasional,
  6. Kakak-kakak Direksi dan Kepala Unit Usaha Kwarnas Gerakan Pramuka,
  7. Adik-adik DKN dan DKD yang saya banggakan,
  8. Serta tamu undangan dan hadirin sekalian,

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, Allah Subhanahu Wata’ala karena berkat rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul bersama dalam keadaan sehat walafiat. Sungguhpun Covid-19 masih berkecamuk, namun dengan bekal ketertiban dan disiplin yang teguh dalam menerapkan protokol kesehatan yang ketat insya Allah, kita dapat menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional Gerakan Pramuka tahun 2022 dengan selamat, semangat, dan sukses untuk menghasilkan program-program kegiatan yang memiliki nilai pengabdian dan nilai kemanfaatan bagi Gerakan Pramuka, juga bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Rakernas merupakan pertemuan bagi Gerakan Pramuka sebagai sarana untuk mengevaluasi hasil kerja tahun yang lalu dan merencanakan program kegiatan yang akan datang dengan terarah, terukur, dan berkesinambungan.

Rakernas kali ini mengambil tema “Mengabdi Tanpa Batas, untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”. Tema tersebut kami harapkan dapat dijadikan tema utama untuk berbagai kegiatan kepramukaan pada tahun ini.

Gerakan Pramuka senantiasa harus bertekad bulat untuk mengabdi tanpa batas waktu, dalam upaya membangun generasi muda Indonesia agar senantiasa melakukan satya dan darmanya sehingga pada gilirannya nanti dapat memimpin dirinya sendiri, memimpin keluarga, memimpin masyarakat dan bangsa Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

Setiap perjuangan tidak pernah lepas dari tantangan termasuk tantangan menghadapi Pandemi Covid-19 yang telah menyebabkan banyak keterbatasan dalam kegiatan kepramukaan. Walaupun demikian, Gerakan Pramuka terus berusaha untuk menjalankan kegiatan-kegiatannya dalam pendidikan dan bahkan dalam pengabdian masyarakat yang secara aktif dapat membantu penanggulangan pandemi Covid-19 melalui Gerakan Kedisiplinan Nasional dengan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Pandemi Covid-19 yang beraktivitas mulai dari tingkat nasional, daerah, cabang, ranting bahkan sampai dengan ke gugusdepan.

Kami juga mengajak para Pramuka untuk menjadi Duta Perubahan Perilaku. Diharapkan para duta Pramuka ini dapat memberi contoh teladan untuk mengubah perilaku masyarakat luas agar hidup dapat lebih teratur dan lebih sehat baik dalam masa pandemi Covid-19 maupun pasca pandemi, serta membantu kepada masyarakat dan pemerintah tanpa henti sepanjang masa.

Di tahun 2022 ini Gerakan Pramuka harus tetap melaksanakan amanat Munas 2018, antara lain menyelenggarakan:

  • Jambore Nasional (Jamnas) XI Tahun 2022 yang akan dilaksanakan di Buperta Cibubur, Jakarta Timur, mulai tanggal 14 Agustus sampai 21 Agustus 2022.
  • Perkemahan Antar Satuan Karya (Peran Saka) Tingkat Nasional di Bangka Belitung bulan Oktober,
  • Perkemahan Bakti Satuan Karya Bhayangkara (Pertikara) Tingkat Nasional yang akan diadakan di Sumatera Selatan, diperkirakan bulan November,
  • Perkemahan Bela Negara di Bengkulu, diperkirakan bulan Desember.

Kegiatan-kegiatan tersebut tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Untuk itu, kami memohon kiranya agar Kementerian Pemuda dan Olahraga dapat membantu penyediaan dana untuk pelaksanaan kegiatan-kegiatan tersebut khususnya untuk Jamnas yang akan diadakan di Cibubur, Jakarta Timur, yang akan diikuti oleh sekitar 10.000 orang peserta dari seluruh Indonesia dan sebagian kecil lainnya akan datang dari luar negeri.

Acara besar Jambore Nasional adalah sebuah acara pendidikan anak bangsa yang sangat penting, di mana kegiatan tersebut mempertemukan anak bangsa dari seluruh penjuru Indonesia yang berbeda suku, berbeda agama, berbeda bahasa daerahnya namun dengan kekuatan pendidikan dan pelatihan yang disiplin dengan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan mereka tetap berkegiatan dengan damai, bersahabat, tolong-menolong, bergembira, dan berkarakter unggul.

Kegiatan Jambore Nasional bagi para anggota Pramuka Penggalang yang diselenggarakan setiap lima tahun sekali ini akan dikemas dengan berbagai kegiatan menarik, menantang, mengandung unsur pendidikan, dan sesuai dengan perkembangan jasmani dan rohani peserta didiknya. Adapun tema Jambore Nasional ke XI yakni “Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi”.

Kegiatan yang merekatkan persatuan dan kesatuan anak bangsa ini kiranya mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam keseluruhan pelaksanaan yang menurut rencana akan dibuka oleh Bapak Presiden RI selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka.

Adapun Pramuka merupakan sebagai sebuah Gerakan, maka kami akan terus mengembangkan kegiatan pendidikan kepramukaan sejalan dengan tujuan pokok Gerakan Pramuka, yakni menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa yang berkarakter agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yang lebih baik.

Dalam kaitannya dengan itu, pembinaan yang kami lakukan bukan hanya bagi para peserta didik anggota Gerakan Pramuka, tetapi juga melatih, mendidik dan meningkatkan jumlah dan mutu para Pembinanya, juga para Pelatih Pembina Pramukanya yang telah bekerja membina, mendidik, melatih secara sukarela di gugusdean yang berpangkalan di sekolah, di satuan komunitas, di pangkalan Satuan Karya Pramuka dengan senantiasa “Ikhlas bakti bina bangsa bèr budi bawalaksana”. Kesetiaan dan pengabdian para pembina ini nampak dari kedisiplinan dan kecintaan anak-anak Pramuka terhadap tanah airnya.

Akhirnya, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, marilah kita buka Rapat Kerja Nasional Tahun 2022; dengan bermohon kepada Tuhan Yang Maha Esa semoga Rakernas Tahun 2022 ini membuahkan hasil kemajuan yang optimal bagi Gerakan Pramuka Indonesia.

Satu Pramuka untuk Satu Indonesia,
Jayalah Pramuka Jayalah Indonesia.

Terima kasih.

Wabillahi taufik wal hidayah,
Wassalammu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Ohm santi santi santi ohm,
Salam Pramuka!

Jakarta, 30 Maret 2022

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka
Ketua,

Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.