Pelatihan Pengelolaan Media Sosial dan Protokoler

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jepara laksanakan Pelatihan Pengelolaan Media Sosial dan Protokoler Bagi Kwartir Ranting tahun 2021. Pelatihan dibuka secara resmi oleh Sekretaris II Kwarcab Jepara Dedi Irawan, S.Pd, pada Selasa (30/11) di Aula Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara.
Program Kegiatan Humas Gerakan Pramuka merupakan suatu proses yang terencana, sistematis, terarah, terus-menerus untuk menciptakan, membina dan mengembangkan rasa saling pengertian antara Gerakan Pramuka dan Masyarakat. Pengertian ini tertuang dalam Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 229 Tahun 2007.
Dalam SK tersebut disebutkan bahwasanya tujuan dari Humas Gerakan Pramuka adalah menjadikan masyarakat menerima, peduli, dan mendukung Gerakan Pramuka.

“Pergeseran komunikasi di Era Digital mendorong Gerakan Pramuka harus turut serta ambil peran. Salah satu sasaran yang ingin dicapai dalam kehumasan adalah terpeliharanya hubungan dalam (internal) dan kerja sama yang dilandasi rasa saling percaya untuk mewujudkan jati diri pramuka, yaitu menjalin hubungan yang harmonis dan kondusif antar komponen Gerakan Pramuka, ” Sambutnya mewakili Ketua Kwartir Cabang Jepara Hesti Nugroho.
Pelatihan ini diikuti sebanyak 32 peserta dari Perutusan Kwarran dari unsur bidang Humas Ranting yang dilaksanakan dalam sehari pada tanggal 30 November 2021. Kegiatan ini diharapkan menjadi awal yang baik untuk Pengelolaan Media dan Informasi di Kwarcab Jepara
Para peserta pelatihan dibekali materi tentang Pengelolaan Media Sosial, Pengertian dan Tanggung jawab Kehumasan serta Tata Kelola Keprotokolan dan diakhiri dengan tugas diskusi berkaitan dengan rencana tindak lanjut kegiatan yang akan dilakukan di Kwarran masing-masing.
Selain itu, “Pusat informasi Gerakan Pramuka merupakan wadah pelayanan informasi baik didalam maupun diluar. Oleh karena itu, Gerakan Pramuka harus memproduksi konten yang menarik untuk mendukung penyebaran informasi yang efektif dan massif kepada masyarakat”, Tutur Kak Dedi dalam akhir sambutannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.