Pelantikan dan Pengukuhan Mabiran dan Pengurus Kwarran Karimunjawa

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Jepara Hesti Nugroho melantik dan mengukuhkan pengurus Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) sebanyak 8 orang dan Pengurus Kwartir Ranting (Kwarran) Karimunjawa sebanyak 72 orang di Aula Kecamatan Karimunjawa Jepara, Sabtu (23/10/2021).
Dalam sambutannya Kak Hesti Nugroho mengingatkan bahwa Gerakan Pramuka dimana Kwartir Ranting mempunyai tugas memimpin dan mengendalikan Gerakan pramuka dan kegiatan kepramukaan di Kecamatan. Hal ini sejalan dengan amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tentang pendidikan kepramukaan merupakan salah satu Pendidikan nonformal yang menjadi wadah pengembangan potensi diri serta memiliki akhlak mulia, pengendalian diri, dan kecakapan hidup untuk melahirkan kader penerus perjuangan bangsa dan negara.
Kak Hesti Nugroho juga berpesan kepada Mabiran dan Pengurus Kwarran periode 2021-2024 hendaknya dapat melaksanakan tugas dan berpedoman pada perundang-undangan yang berlaku dan segera menjalankan tugasnya
dengan baik, penuh tanggung jawab, serta membuat laporan kepada jajaran di atasnya. Beliau juga berpesan kepada pengurus maupun jajaran majelis pembimbing ranting hendaknya bisa memperhatikan beberapa potensi yang ada di Karimunjawa, sehingga kedepannya bisa memunculkan potensi kepramukaan dalam wadah Satuan Karya atau SAKA maupun Satuan Komunitas. Sebagai bentuk kebutuhan dan aplikasi ke Pramukaan dalam kegiatan sosial, budaya, juga perlu lebih ditingkatkan.
Hal itu diperlukan agar organisasi yang dijalankan bisa mencapai kemajuan. baik di masyarakat juga dalam pengelolaan kwartir dengan manajemen yang lebih baik lagi, serta bisa melaksanakan program kerja yang direncanakan sejalan dengan kegiatan ke Pramuka an di Kwartir Cabang Jepara. Saat ini kita ketahui bersama bahwa Jepara masih dalam kategori level 3, meskipun Karimunjawa secara kenyataan dalam pencapaian vaksinasi telah mencapai angka lebih dari 80 persen, kita tidak perlu “jumawa”. Justru ini merupakan tantangan yang berat dalam menjaga dan mempertahankan. Utamanya dukungan penuh kepada pemerintah dalam Pencegahan Covid-19.
Terkait dengan hal tersebut diperlukan pengurus yang tangkas dan cerdas yang bisa menyelesaikan semua tantangan dan rintangan. Kita sebagai Pramuka juga sebagai agen perubahan di masa pandemi covid-19 ini. Selain penerapan protokol Kesehatan yang selalu dan harus kita terapkan, kita juga bisa memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi melalui media sosial dalam kerangka pencegahan covid-19 saat ini.
Dalam akhir sambutannya Ka. Kwarcab Jepara mengucapkan selamat mengabdi, dan berharap adanya reorganisasi ini akan menambah kemajuan Gerakan pramuka khususnya di kecamatan Karimunjawa dan Kabupaten Jepara pada umumnya “Tidak lupa kepada kepada Dewan
Kehormatan Kwartir Ranting Karimunjawa untuk selalu memberikan pertimbangan dan nasehat kepada Ketua Kwartir Ranting yang berkaitan dengan pemberian anugerah, penghargaan, sanksi dan
rehabilitasi. Dengan harapan akan segera muncul anugerah dan penghargaan di lingkup Kwartir Ranting Karimunjawa ini. Serta kepada semua unsur yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan ini saya sampaikan terima kasih. ” pungkasnya.
HUMAS KWARCAB JEPARA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.