Survival XXVIII Kwarcab Jepara

Sebanyak 620 Pramuka dari 13 Kwartir Rantin (Kwarran) di Kabupaten Jepara, mengikuti upacara pembukaan kegiatan survival ke-XXVIII tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) di lapangan Kedung Sport Center Desa Budel, Kecamatan Kedung, Kamis (5/7). Acara pembukaan tersebut diikuti oleh Pramuka Penegak, Pramuka Pandega, pimpinan kontingen, dan pembina pendamping. Kegiatan survival yang diselenggarakan Gerakan Pramuka Kwarcab Jepara, melalui Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega ini berlangsung hingga Minggu (9/7).

Sekda Jepara Sholih dalam amanatnya membacakan sambutan Bupati Jepara Ahmad Marzuqi mengatakan, bahwa survival bukan sekedar konsep untuk mampu bertahan hidup, melainkan konsep untuk mampu maju dan menjadi pemenang. “Saya harapkan untuk selalu produktif, kreatif dan inovatif dalam berkarya. Serta tetap mempertahankan nilai-nilai dan karakter bangsa untuk berdiri menjadi benteng dan garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI,” ujar Sekda.

Dengan mengusung tema “Survival XXVIII Kwartir Cabang Jepara Tangguh, Peduli, Berfikir Kritis, Tanggap dan Anti-Hoax”, diharapkan Sholih, agar setiap anggota Pramuka dapat menjadikan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai instrumen dengan mengambil keuntungan diberikan, sehingga mampu mengelola serta mendapatkan manfaat positif dari kemajuan teknologi tersebut.

Sementara Ketua panitia kegiatan M Rifqi Rusdaniya menyampaikan, pelaksanaan survival ini terdapat beragam kegiatan, diantaranya kegiatan umum, kegiatan rutin, kegiatan pilihan, kegiatan wawasan, kegiatan Pimpinan kontingen (Pinkon) dan Bina damping (Bindamping), serta kegiatan prestasi. Dalam kegiatan pilihan, peserta nantinya akan melaksanakan bakti masyarakat melalui kerja bakti bersama warga membersihkan perkemahan, lingkungan pemukimanm dan tempat-tempat ibadah yang ada di sekitar perkemahan. “Tujuannya, memberi wawasan dan pengalaman bagi anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam hal keterampilan, pengembangan kepramukaan dan jiwa sosial,” kata Rifqi.

Kemudian, dalam kegiatan prestasi terdapat bermacam-macam lomba, diantaranya lomba bvaris-berbaris, senam kreasi, asah trampil.

 

 

Tulisan ini dipublikasikan di Warta Pramuka. Tandai permalink.