Kwarcab Jepara Ikuti “Jelajah Rute Juang Pahlawan” Tingkat Jateng.

jelajah1Gerakan pramuka merupakan wadah pembinaan generasi muda untuk membentuk generasi yang cerdas dan berbudi pekerti mulia. Pamuka dalam pelaksanaannya juga merupakan wadah pendidikan diluar lingkungan sekolah dan keluarga yang tak terpisahkan dan merupakan bagian dari masyarakat
Terkait hal inilah, Kwartir Cabang ( Kwarcab ) Gerakan Pramuka Kabupaten Jepara melalui Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pendega kembali mengikuti kegiatan Jelajah Rute Juang Pahlawan. Kegiatan dilaksanakan Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah ini berlangsung selama 4 hari, mulai tanggal 7 hingga 10 September 2015 di Kabupaten Banyumas. Kontingen yang terdiri dari 22 peserta dilepas oleh Bupati Jepara yang diwakili Sekda Jepara di Teras Depan Kantor Setda. Acara pelapasan ditandai dengan Apel dan pemakaian ransel secara simbolis oleh Sekda didampingi Ka Kawarcab Jepara, Drs. Suliyono MM.  
 

Kepada para peserta, Sholih berharap dapat mengedepankan “Kedisilpinan” dalam kegiatan apapun, termasuk disiplin jelajah2waktu. Meski dianggap hal yang remeh dan kecil, namun kedisiplinan waktu ini sangat menentukan sekali dalam keberhasilan kinerja maupun kegiatan. Mulailah kedisplinan dari hal-hal yang kecil terdahulu, niscaya akan menjadi kebiasaan dan membawa ke jenjang kemajuan dan keberhasilan. Apalagi dalam kegiatan kepramukaan yang merupakan kawah candra dimuka atau pendadaran bagi generasi muda penerus cita-cita bangsa dan negara. Ikutilah seluruh kegiatan ini dengan disiplin, semangat serta dedikasi tinggi. Junjung sportifitas serta jaga nama baik daerah. Marilah terus kita gelorakan semangat positif Pramuka ”Praja Muda Karana” untuk membentuk manusia yang utuh dan menepis berbagai kegiatan negatif.
 

jelajah3Muhammad Khoiril Anwar, Pimpinan Kontingen melaporkan bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai salah satu upaya memupuk rasa nasionalisme dan patriotisme. Kwartir Cabang Jepara mengikuti Jelajah Rute Juang Pahlawan Tingkat Propinsi Jawa Tengah tahun 2015 dengan mengirimkan 1 regu dan 2 Bindamping. Total keseluruhan berjumlah 22 orang, terdiri dari Anggota Dewan Kerja Cabang Jepara, Anggota Unit Bantu Pertolongan Pramuka (UBALOKA) serta perutusan SMA/MA se Kwartir Cabang Jepara. Para peserta adalah hasil seleksi anggota pramuka Penegak dan Pandega utusan dari Satuan Karya, SMA,SMK,MA,MAK Negeri/Swasta se Kabupaten Jepara. Dengan kualifikasi penjelajahan dan teknik survival. (SANTEL Jepara,Humas/SB).

kir

Tulisan ini dipublikasikan di Warta Pramuka. Tandai permalink.