SURVIVAL XXVII KWARCAB JEPARA TAHUN 2015

survival-2015Untuk menanamkan karakter kepramukaan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Jepara gelar Survival XXVII Kwartir Cabang Jepara Tahun 2015.

Sebanyak 720 peserta yang terdiri dari 45 Sangga Putra dan 45 Sangga Putri peruntusan dari masing-masing sekolah se-Kabupaten Jepara, pagi ini Kamis (16/04/2015) melaksanakan Upacara Pembukaan Kegiatan Survival XXVII Kwartir Cabang Jepara Tahun 2015 di Pendopo Jepara.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama lima hari berturut-turut, yakni sampai hari Senin (20/04) nanti. Kali ini dilaksanakan di Desa Petekeyan, kecamatan Tahunan, kabupaten Jepara. Event besar ini merupakan agenda rutin setiap dua tahun sekali.

Dikatakan selama lima hari pelaksanaan perkemahan, diisi dengan berbagai kegiatan yang menumbuhkan kreativitas peserta didik dan bagaimana peserta didik memanajemen sangganya. Diantaranya; Jurnalistik, Gerak Lagu dan Penyuluhan, Baris Berbaris, Senam Kreasi, Asah Terampil, Mengukir, Menyulam, Menembak, K5 Perkemahan, Survival Race (Peta Pita, Peta Panorama, Peta Perjalanan, Semboyan, Menaksir Tinggi, Menaksir Lebar, Teknik Survival, dan Pertolongan Pertama).

Perhelatan masing-masing kontingen sangat sengit, tak heran jika masing-masing kontingen akan beradu dalam event besar tersebut untuk memperebutkan trophy Juara Umum baik Sangga Putra maupun Sangga Putri. Aktivias peserta sempat pecah dikarenakan diguyur hujan pada hari pertama dan hari kedua. Meskipun demikian, namun tidak mematahkan semangat mereka dalam berkompetisi.

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai wahana pertemuan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Kwarting Cabang Jepara guna menggalang persaudaraan, meningkatkan pengalaman, pengetahuan, keterampilan, dan wawasan serta meningkatkan jiwa patriotisme.

Tidak berhenti disitu saja, kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan para kader pembangun yang tangguh, tanggap, dan tangkas serta mempunyai rasa kepedulian yang tinggi terhadap pembangunan masyarakat.

Sumber : mamhtroso.com

Tulisan ini dipublikasikan di Warta Pramuka dan tag . Tandai permalink.