RUJ dan Upacara HUT Pramuka ke 51 di Jepara

Ulang JanjiHari Ulang Tahun Gerakan Pramuka yang ke 51 yang mestinya jatuh pada tanggal 14 Agustus 2012 kegiatan peringatannya diundurdan dilaksanakan tanggal 13 september 2012, hal ini disebabkan mengingat tanggal 14 Agustus 2012 masih masuk bulan Ramadhan, sehingga apabila dilaksanakan upacara dikawatirkan akan mengganggu kehusukan anggota Pramuka yang tengah menjalankan ibadah Puasa Ramadhan.

Kegiatan peringatan HUT Pramuka ke 51 tingkat Kabupaten Jepara dilaksanakan di Kwarran Jepara, dengan diawali kegiatan Renungan dan Ulang Janji pada Rabu malam tanggal 12 September 2012 di SMA Negeri 1 Jepara. Buopati Jepara Ahmad marzuki selaku Ketua Mabicab Jepara bertindak sebagai Pembina Upacara, turut hadi dalam acara tersebut Sekda Jepara Ir. Sholih MM para Muspida dan para pimpinan SKPD.

Renungan dan Ulang Janji yang diikuti oleh para anggota Pramuka Penegajk se Kawarran Jepara tersebut berlangsung tertib dan khidmad, dalam prosesinya RUJ Ka Mabicab Jepara mengucapkan Janji Tri Satya yang diikuti oleh semua peserta Renungan dan Ulang Janji.

Pagi Harinya bertempat di Alon-alon Jepara dilaksanakan upacara peringatan HUT Pramuka kle 51, seribu lebih peserta upacara yang memadati alon-alon Jepara terdiri dari anggota Pramuka Penegak, Pandega serta Pramuka Penggalang.

Bertindak selaku Pembina Upacara Wakil Bupati Jepara Subroto,  dalam sambutannya Subroto berharap kedepan Pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda bangsa memiliki konsep akreditasi gugusdepan, sertifikasi maupun Lisensi.

Revitalisasi Gerakan Pramuka juga harus digalakkan ditengah-tengah nmerebaknya  tawuran pelajar, narkoba dan narkotika. Tri Satya dan dasa dharma  menurutnya berisi sarat dengan nilai-nilai luhur bangsa , seperti kejujuran dan tanggung jawab .

Dalam kersempatan tersebut Gerakan Pramuka Kwartir Nasional memberikan 22 penghargaan kepada anggota Pramuka Kwarcab Jepara , penghargaan itu terdiri dari 9 Penghargaan Bhakti Pramuka dan 13 Penghargaan Pancawarsa dan disematkan oleh Pembina Upacara. Upacara Peringatan HUT Pramuka ditutup dengan Display drumband dari SMP Neger II Jepara dan dimeriahkan karawitan dari anak-anak anggota Pramuka Penggalang yang berpangkalan di SD Negeri Pingkol Jepara.

Tulisan ini dipublikasikan di Warta Pramuka dan tag . Tandai permalink.