RAIMUNA RANTING KE- 2 KWARRAN MAYONG

Sebagai bagian yang tak terpisahkan dalam pembangunan karakter generasi muda, Gerakan Pramuka senantiasa mengabdikan diri demi kemajuan bangsa. Demikian pula yang coba dilakukan oleh Kwartir Ranting 20.11 Mayong c.q Dewan Kerja Ranting Mayong memberikan wadah pembinaan generasi muda melalui kegiatan “RAIMUNA RANTING” yang pada tahun ini telah memasuki tahun kedua. Sebagai kegiatan tahunan, Raimuna tahun ini mengambil tema “ AKU BANGGA MENJADI PRAMUKA” dengan sub tema “ Wujudkan generasi Cerdas, Kreatif dan Mandiri”.

Kak Eriza Rudi Yulianto, S.Sos camat Mayong selaku Ka.Mabiran membuka secara resmi kegiatan ini yang berlangsung mulai tanggal 25-26 Desember 2011, beliau berpesan bahwa Pramuka adalah salah satu ujung tombak pembinaan generasi muda untuk itu kegiatan-kegiatan Pramuka hendaknya tidak hanya bertumpu pada prestasi kejuaraan semata namun ditanamkan juga nilai-nilai luhur yang terkandung didalam Dasa Dharma Pramuka. Demikian pula kegiatan Raimuna Ranting Mayong ke-2 ini, sangga Kerja DKR Mayong mencoba memberikan jenis kegiatan yang beragam yang mengandung maksud dan tujuan pembinaan pada nilai-nilai luhur Dasa Dharma Pramuka, beragam kegiatan itu diantaranya, Giat Prestasi yang meliputi Lomba Baris Berbaris yang mengandung unsur kedisiplinan serta semangat Bela Negara, Semboyan yang mengasah kecerdasan dan ketelitian peserta, Lomba Pertolongan Pertama yang diharapkan bisa membuka kepekaan generasi muda untuk selalu dapat menolong sesama, Lomba Seni Drama Komedi dengan harapan meningkatkan kreatifitas, Lomba Cerdas Cermat Pramuka yang mampu mengasah intelektual tidak hanya pengetahuan bidang Kepramukaan namun juga pengetahuan ilmu-ilmu yang lain, Jenis kegiatan kreatifitas lainnya Sangga Kerja memberikan Lomba Kewirausahaan dimana diharapkan Gerakan Pramuka mampu membuat lapangan pekerjaan kelak dikemudian hari, serta beberapa Giat Partisipasi yang mengangkat beberapa masalah generasi muda saat ini, seperti Narkoba, HIV/Aids dan sebagainya. Melalui ceramah-ceramah yang diberikan besar harapan Sangga Kerja DKR Mayong selaku pelaksana dapat memberikan motivasi generasi muda tentang bahaya penggunaan obat terlarang, seks bebas yang jauh dari nilai-nilai Pramuka.Selain itu itu memupuk rasa kepeduliaan sosial berupa bhakti pramuka untuk sesame berupa pembagian peralatan tulis kepada adik-adik penggalang SD hasil dari pengumpulan para peserta Raimuna.

Harapan besar Ka.kwarran kak Drs. As’adi, MM, M.Pd dalam upacara penutupan, bahwa kegiatan Raimuna Ranting ini dapat menjadikan barometer kegiatan serupa bagi Gerakan Pramuka Khususnya di Kwarran Mayong dan Kwarcab Jepara pada Umumnya. Secara khusus beliau berterimakasih kepada Dewan Kerja Ranting Mayong atas segala usahanya dalam mendisaian kegiatan yang luar biasa ini, semangat kekompakan, semangat sportifitas serta pengorbanan dalam bentuk apapun yang dilakukan Dewan Kerja Ranting Mayong hendaknya tak akan pernah lapuk. Kerjasama yang baik antara Kwartir, Dewan Kerja, unsur Mabi dan semua pihak hendaknya dapat terus dijaga dan ditingkatkan.

Bersama dengan rintik hujan sore itu, akhirnya penggumuman hasil lomba dibacakan, wajah tegang, harap-harap cemas, geregetan, haru, tawa, tangis kebahagiaan mewarnai setiap sudut barisan para peserta, usai sudah Raimuna Ranting ke-2 Tahun 2011 namun ini bukan akhir, masih ada Raimuna Ranting Mayong ke-3, ke-4, ke-5 dan seterusnya.

Akhirnya, selamat bagi para Tergiat maju terus, dan bagi yang belum mencapai harapan masih ada hari esok untuk memperbaikinya.

Tulisan ini dipublikasikan di Warta Pramuka. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *